Sabtu, 23 April 2016

DONGENG MISTIS MESJID SERIBU



DONGENG MESJID PINTU SERIBU
Masjid PintuSeribu yang berada di kotaTangerang yang termasukdalamprovinsibanten yang kalaituadalahmerupakanpusatpenyebaran agama Islam di ujungbaratPulauJawa. Makatakheran, potensiwisataBanten di era modern begitu di dominasiwisatareligi. Salah satunyaadalah Masjid PintuSeribunamaaslinya Masjid Nurul Yakin. 

Area Depan Masjid

Lokasinyaberada di kampungBayur, Priuk Jaya, Jatiuwung, KabupatenTangerang, Banten.Cukupmudahuntukdijangkaudenganmobil, hanyabeberapamenitdaripusat Kota Tangerang.Masjid inidinamakan Masjid SeribuPintukarenatidakada yang tahuberapajumlahsebenarnyapintu masjid ini.Bahkan, pengelola masjid pun tidaktahupersisberapajumlahpintu yang ada.Karenamerekatidakpernahmenghitungjumlahpintu yang ada di masjid itu. Masjid pintuseribuini, didirikantahun 1978 olehalmarhumSyekh Al-Bakhir Mahdi seorangwargaketurunan Arab yang wargasekitarmenyebutnyadengan Al-Faqir. Semuapembiayaanpembangunandiatanggungsendiri, Al-Fakir meninggalpadatanggal 1 Ramadhan 2012 lalu.Selanjutnya, kepengurusan masjid berpintuseribuinidilanjutkanolehkeempatputraalmarhum, yakniKhairulZaman, Khainul Yakin, Fatwa PakuAlam, dan  Khairullah.

Sebagaipenghormatan, wargasekitarmemberinyagelar Mahdi Hasan Al-Qudratillah Al-Muqoddam.Kabarnya, Al-Faqirjugasedangmembangun masjid serupa di Karawang, Madiun, danbeberapakota lain di Indonesia. Pembangunan masjid inibahkantidakmemakaigambarrancang.Tidakadadisaindasar yang bisamenampilkancorakarsitekturtertentu.Ada pintu-pintugerbang yang sangat ornamental mengikuticiriarsitekturzaman Baroque, tetapiadajuga yang bahkansangatmiripdenganarsitektur Maya dan Aztec.


Para peziarahterutamaakandatangpadasaathari-harikebesaran Islam, atausaatmenjelangbulanRamadan.Ratusanpeziarah yang terlihatini, padaumumnyaberasaldari Bandung, Kerawang, Jakarta. Selainitu, adajugaberbagaipeziarahdari Kalimantan dan Aceh.

H. Abdul Karim, salahseorangpengurus di masjid tersebutmengungkapkan, kebanyakanparapeziarahmemilihuntukdatangke masjid NurulYaqininipadasaatharibesar Islam sepertiMaulidNabi, IsradanMiraj, jugasaatmenjelangpuasa Ramadan. "Banyakjugaparapeziarah yang datang pas acaraharibesarislamuntukmengikutiacaratersebut," ungkapnya.

Salah saturuangbawahtanahituada yang agakluas.Di siniterdapatsebuahtasbih super besardarikayu.Garistengahmasing-masingbutirtasbihnyasekitar 10 sentimeter.Atausekitarkepalan orang dewasa.Ruanginibiasadipakai Al Faqiruntukberzikir.Biasanya, pemandusengajamematikanlampu di ruanganitu, danmengajak yang hadiruntukmembayangkansaat-saat di alamkubur yang begitusempit, pengap, dangelap.Kemudianiamengajakberdoabersamadalamkeheningandankegelapan. Semualorong-lorongituakhirnyamenujusebuahruangterbuka yang miripstadionsepak bola.Di tempatinilahdilakukanshalatberjamaah.
                   






















               




Lorongbawag masjid


Masjid Nurul Yakin ataulebihdikenaldengansebutan masjid Sewu (seribu) memilikikeunikantersendiridibandingkandengan masjid lain di Banten. Selainmemilikiseribupintu, tasbihberukuranraksasaterpajang di salahsatusudutruangan.Taka adaketerangantertulisapamaknadibalikarsitekturbangunanitu.

Terletak di Rt 01/Rw.03, KampungBayur, Priuk, Kota Tangerang. Pendiri masjid adalahseorangpenyebar Islam kelahiran Arab bernama Al-fakir Syekh Mahdi Hasan Al-qudrotillah Al-muqoddam.Salah satukeunikan masjid iniadalahruangannya yang disekat-sekathinggamembentukruangansepertimushola.Setiapruangan (mushola) diberinama. Ada musholaFathulqorib, TanbihulAlqofilin, DurojatunAnnasikin, Safinatu-Jannah, Fatimah hinggamusholaRatuAyu.Masing-masingluas area musholasekitar 4 meter.
Selainmushola, keunikan lain adalahtasbihberukuranraksasaterpajang di dalamruangan. Memiliki 99 butirberdiameter 10 centimeter.SetiapbutirbertuliskannamaAsma’ul-Husna. Konon, tasbihitumerupakanterbesar di Indonesia. Di beberapapintu  masjiddanpagardepan, tampakterlihat  angka 999. Angkainimenurutpengurus masjid, merupakanpenggabunganjumlahnama Allah  dannamasembilanwali (walisongo). Setiaplorong di masjid inisudahdilengkapidenganpenunjukjalan.Dan, salahsaturuangdarisekianbanyaklorongitumenujuruangbawahtanah yang disebutruangtasbih.Ruanginibiasadigunakanoleh Al Faqirdanjamaahlainnyauntukberistiqomah.

Selainmemilikiseribupintu, di dalam  ruangbawahtanah masjid initerdapat  tasbihberukuransebesarkepalabayi yang berjumlah 99 butirtasbih yang bertulisanasmaulhusna. Awalnya, masjid inikurangbegitupopulerkarenadigeruszaman, akantetapi, setelahmulaidipublikasikanbanyak media, masjid itukemudianbanyakdikunjungimasyarakatdariberbagaipenjuru, bukansajanasionaltapimasyarakatinternasional.

Masjid seribupintudiyakinisebagaisalahsatutempatpenyebaran Islam olehpendirinya.Konon, penyebarandilakukandengancarapembagiansembakountuk fakir miskindananakyatimpiatu, “Sejarah di dalam masjid inikarenamempunyaipintusebanyakseribu, selainitucarapenyebaranIslamnyadaribeberapagenerasidengancarapembagiansembakorutinsetiapJum’at,”ujarSupandi.

Sayangnya masjid pintuseribuinimasihbanyakpembangunannya yang harusdiselesaikan, Masjid inimasihperluulurantanganpemerintahsupayapembangunan di masjid inibisadiselesaikandenganbaik.perlunyaperanpemerintahdaerahuntukmenunjangsalahsatuwisatareligi di daerahTangerang agar menjadikan


Tidak ada komentar:

Posting Komentar