Sabtu, 23 April 2016

DONGENG PUTRI SINTA DEWI



DONGENG RAMBUT GIMBAL;
Padazamandahulukala,seorangputricantikbernamaSintaDewimenarikperhatianPangeranKidangGarungan. PangeranberniatmempersuntingSintaDewi.SintaDewimenerimalamaranPangeranKidang.Padahal, SintaDewibelumpernahberjumpadenganpangeran.Ketikarombonganpangerantiba di istana, SintaDewimerasaterkejut.PangeranKidangbukanlahpangerangagahperkasadantampan, melainkanseorangpangerandengankepalakijang.SintaDewi yang telanjurmenerimalamaranitukecewa.
Jikaperempuanzamansekarangbiasanyamemintadisediakanrumahdanmobilkepadacalonsuaminya, SintaDewimemintaPangeranKidangmembuatsebuahsumur. Alasannya, penduduk di kerajaanSintaDewisulitmendapatkan air.Sumurituharusselesaidalamsatumalamsaja.PangeranKidang pun menyanggupipermintaantersebut.Dialalumenggalisumur.PangeranKidangterusmenggalidanmenggali.Padasaatmenggalisumur, ternyatadariatasbibirsumur, pengawaldandayang-dayangSintaDewijustrumenimbunnya. Pangerankesaldanmarah.AkhirnyaPangeran pun meninggaldunia.Sebelummeninggal, diamengucapkansumpahbahwaketurunanSintaDewiakanberambut gimbal.
        Dan hinggakinimasihditemukananak-anakberambut gimbal di kawasanDieng. Rambut gimbal adalahrambut yang tidakdapatdisisirsehinggamenumpuktidakterawat. Umumnyamerekaberambut gimbal hinggaberusiaenamtahun. Uniknya, rambutitutidakbolehdipotongsebelumsianakmenyatakankeinginannyauntukpotongrambut.Seiringdengankeinginanmemotongrambut, adakeinginananak yang unik, misalnyamemintaupacaradenganmembagikan 2.000 jeruk, ataumemintadiambilkansisa-sisapadidarisawahtertentu.Jikaorangtuasembaranganmemotongrambut gimbal itutanpaupacara, anakbiasanyajatuhsakit. Setelahmemotongrambut, rambutakantumbuh normal sepertirambutanaklainnya.

Gambar :upacarapemotonganrambut gimbal
SetiapbulanAgustusataubulanSuradalamkalenderJawadilakukanupacarapemotonganrambut gimbal massal di pelataranCandiArjuna. Hal inidikarenakanbiayaupacarapemotonganrambuttidaksedikitsehinggabiayaakanhematdenganmemotongrambutbeberapaanaksekaligus.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar